Jumat, 16 Juli 2010

Apa yang Harus Dipikirkan Ketika Bermain Shougi? (Bagian 1)

Ini adalah pertanyaan yang pastinya banyak ditanyakan oleh para pemain pemula. Ada beberapa informasi yang perlu ada di benak setiap pemain ketika bermain Shougi. Ini mungkin akan terlihat begitu rumit dan susah untuk dilakukan, namun akan terasa lebih mudah apabila anda sudah terbiasa bermain dengan cara seperti ini.

1. Perhatikan Petak
Petak menjadi bagian yang sangat penting di Shougi. Semua bidak yang berada di atas papan, "berdiri" berlandaskan petak. Untuk mempermudah pengidentifikasiannya, setiap petak diberi nama yang disebut sebagai Koordinat.
Saya menjelaskan cukup banyak tentang koordinat ini pada post sebelumnya yang berjudul "Notasi". Silahkan lihat kembali.
Apa yang kita perlu perhatikan dari tiap petak, dalam kaitannya dengan strategi? Ada 2 hal yang perlu kita perhatikan :
1. bidak apa yang berada di petak tersebut?
2. bidak apa saja (baik bidak sendiri maupun bidak lawan) yang menjaga petak tersebut?

Untuk poin pertama saya kira anda pasti tau maksudnya. Ya hanya dengan melihat dan mengetahui bidak apa saja yang berada di tiap-tiap petak anda sudah mempunyai infoemasi yang bagus untuk memformulasikan strategi kemenangan anda.
Namun agak rumit memang di poin kedua. Untuk itu saya akan menjelaskan saja dengan bantuan gambar.

9

8

7

6

5

4

3

2

1

K

a

b

c

d

e

♥♥

f

S

P

g

h

K

i


Perhatikan gambar di atas. Perhatikan Silver di 7g dan Pawn di 6g. Pada gambar tersebut terlihat Silver di 7g menjaga petak di 7f, 6f, 8f, 6h, dan 8h. Sedangkan Pawn di 6g menjaga petak 6f. Dari lima petak yakni 6f, 7f, 8f, 6h, dan 8h, maka petak 6f mendapat penjagaan lebih banyak dari bidak Sente ketimbang 4 petak lainnya. Petak 6f dijaga dua bidak Sente yakni Silver di 7g dan Pawn di 6g.

Sekarang anda paham apa yang dimaksud dengan menjaga petak bukan?
Apabila bidak dapat melangkah ke sebuah petak dalam satu langkah, maka dikatakan bahwa bidak menjaga petak tersebut.

Menjaga Petak yang Ditempati Bidak Kawan
Perhatikan gambar berikut

9

8

7

6

5

4

3

2

1

K

a

b

N

c

d

P

e

P

f

S

g

h

K

i


Perhatikan gambar di atas. Silver Sente di 8g menjaga petak 9f, 8f, 7h, dan 9h. Lalu bagaimana dengan petak 7f yang ditempati oleh Pawn Sente? Apakah Silver Sente turut menjaga petak tersebut? Padahal kita tau bahwa dengan posisi seperti ini maka Silver tidak bisa ke petak 7f karena ada bidak kawannya di sana. Hal serupa mirip dengan petak 7e. Apakah Knight Gote menjaga petak 7e? Padahal apabila dengan posisi saat ini, maka Knight Gote tidak bisa ke 7e karena ada bidak kawannya di sana, yakni Pawn. Jawabannya adalah bisa.
Silver Sente turut menjaga petak 7f, sedangkah Knight Gote turut menjaga petak 7e. Sekalipun tidak bisa bergerak ke sana (dalam posisi seperti di gambar, yakni terhalang bidak kawannya sendiri), namun setidaknya kedua bidak tersebut bisa bergerak ke petak 7f (Silver) dan 7e (Knight) hanya dengan satu langkah dari posisinya yang seperti di gambar. Dan pergerakan itu bisa dilakukan apabila bidak kawannya yang menghalangi pergerakannya tersebut pergi dari petak itu atau tertangkap. Namun tanpa Pawn harus bergerak, baik Silver maupun Knight sama-sama sudah dikatakan menjaga petak 7f (untuk Silver) dan 7e (untuk Knight).

Menjaga Petak ala Bidak Panjang
Bidak panjang atau Range Piece adalah bidak yang mampu bergerak lebih dari selangkah. Ini mengacu pada Rook dan bentuk promosinya untuk gerakan vertikal dan horizontal, Bishop dan bentuk promosinya untuk gerakan diagonal, dan Lance.

9

8

7

6

5

4

3

2

1

a

N

b

P

c

d

S

e

f

B

g

h

i

DROP :

DROP :


Pada gambar di atas, apakah Bishop turut menjaga petak 5d? Jawabnya adalah ya. Dari posisi saat ini memang pergerakan Bishop ke 5d terhalang oleh Silver, namun bukan berarti dia tidak menjaga petak 5d. Petak 5d yang juga dijaga oleh Silver, secara keseluruhan mendapat penjagaan dari dua bidak Sente yakni Silver dan Bishop. Sementara ada dua penjaga dari bidak Gote yakni Pawn dan Knight.

Dalam kasus gambar di atas tersebut, karena petak 5d dijaga oleh 2 Sente dan 2 Gote, maka baik pihak Sente maupun Gote sama-sama enggan menggerakkan Silver, Pawn, maupun Knightnya ke 5d. Karena apabila salah satu dari ketiga itu bergerak ke 5d, maka sesungguhnya pemain tersebut kehilangan satu penjagaan di petak 5d.
Karena apabila sebuah bidak bergerak ke sebuah petak, maka bisa dipastikan bahwa petak tersebut kehilangan penjagaan terhadap petak yang jadi tujuan pergerakannya itu.

Apabila Silver bergerak ke 5d, maka penjagaan Sente terhadap petak 5d hanya tinggal 1, yakni Bishop. Silver ke 5d, pasti Pawn akan capture Silver di 5d. Apabila Bishop capture Pawn 5d, maka selanjutnya Knight capture Bishop 5d. Sente hanya dapat 1 bidak yakni Pawn, sedangkan Gote dapat Silver dan Bishop, dengan Knightnya masih hidup dan berada di 5d.
Kerugian juga akan dialami Gote apabila Pawnnya atau Knightnya bergerak ke 5d.

Baca juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar