Rabu, 14 Juli 2010

Notasi (Part 1)

Notasi adalah sebuah cara yang digunakan di dalam beberapa permainan papan (boardgame), termasuk juga dalam Shougi, untuk menyebut setiap langkah yang dimainkan oleh pemain. Di dalam Shougi dikenal ada dua macam notasi, yakni notasi Jepang dan notasi Internasional.
Untuk notasi Jepang ada dua macam notasi yakni notasi oral (diucapkan) dan notasi penulisan. Kita hanya akan mempelajari yang notasi oralnya saja, karena untuk notasi tulisan memakai kombinasi kanji dan angka.
Sedangkan untuk notasi Internasional, yang dikenal hanya satu macam notasi.
Kita akan mempelajari terlebih dahulu notasi Jepang.

1. Penggunaan Nama Pemain
Di dalam sebuah pertandingan Shougi pemain tidak disebut namanya, melainkan disebut Sente atau Gote tergantung siapa yang jalan duluan. Yang jalan duluan, disebut Sente. Sementara yang jalan belakangan disebut Gote. Meskipun bidak shougi warna dasarnya sama semua, coklat, namun sama halnya dengan di igo, pemain yang jalan duluan dianggap menggunakan bidak hitam sementara pemain yang jalan belakangan dianggap menggunakan bidak putih. Namun untuk kaitannya dengan notasi Jepang ini, hanya digunakan Sente atau Gote saja.

2. Penggunaan Koordinat
Koordinat menjadi hal yang sangat penting di dalam boardgame, tak terkecuali di Shougi. Koordinat di Shougi, untuk keperluan notasi Jepang, mempergunakan angka. Letak petak yang disebut adalah jaraknya secara horizontal terhadap petak 1-1, baru kemudian jaraknya secara vertikal terhadap petak 1-1. Untuk diingat, bahwa posisi petak 1-1 selalu berada di posisi awal dari Lance kiri Gote.
Dengan kata lain, bagi Gote posisi petak 1-1 ada di kiri bawahnya. Sedangkan bagi Sente posisi petak 1-1 ada di kanan atasnya.
Kemudian penomoran petak dengan mempergunakan bahasa Jepang. Bagi yang tidak tau bahasa Jepangnya angka 1 sampai 9, ini saya buat listnya :

1 = ichi
2 = ni
3 = san
4 = yon
5 = go
6 = roku
7 = nana
8 = hachi
9 = kyu

Sehingga, apabila kita menyebut petak 3-5 maka kita menyebutnya sebagai petak san-go.
Dalam kaitannya dengan rumus atau formulasi notasi Jepang, koordinat petak yang disebutkan adalah koordinat petak tujuan dari langkah bidak atau koordinat petak tujuan dari drop.

3. Penggunaan Nama Bidak
Nama bidak yang dipergunakan dalam formulasi notasi Jepang ini adalah nama Jepangnya tentunya. Biasanya yang dipakai adalah nama singkatnya.

Pawn = Fu
Bishop = Kaku
Rook = Hi
Lance = Kyo
Knight = Kei
Silver = Gin
Gold = Kin
King = Ou / Gyoku

Dalam kaitannya dengan notasi Jepang ini, nama bidak yang disebutkan adalah nama bidak yang bergerak atau nama bidak yang di-drop.

4. Penggunaan Istilah "Naru/Nari" dan "Narasu"
Apabila langkah pemain belum atau tidak diperbolehkan untuk berpromosi (misal drop, menggerakkan gold atau king, atau menggerakkan bidaknya di sekitar campnya sendiri) maka nomor 4 ini akan diabaikan. Namun apabila sebuah pergerakan bidak diijinkan untuk berpromosi maka akan dipergunakan istilah Naru/Nari dan Narasu, tergantung apakah bidak tersebut akan berpromosi atau tidak. Apabila sebuah bidak memang dapat atau harus berpromosi dan dia berpromosi, maka setelah menyebut nama bidak tersebut kita akan menambah lagi kata "Naru" atau "Nari". Sementara apabila pergerakan sebuah bidak sebenarnya diijinkan untuk berpromosi, namun karena kepentingan strategi dia tidak berpromosi, maka setelah menyebut nama bidak tersebut kita menambah lagi kata "Narasu".

Contoh
Berikut ini adalah contoh bagaimana kita menamai langkah dengan Notasi Jepang. Semua contoh kasus di sini mengasumsikan kita sebagai Sente. Sehingga posisi petak 1-1 ada di kanan atas.


































Gambar 1
Pada contoh gambar 1 di atas, gambar atas adalah gambar sebelum langkah. Sedangkan gambar bawah adalah gambar sesudah langkah. Terlihat bagaimana pawn Sente bergerak dari petak 6-6 ke petak 6-5. Sehingga kita menyebutnya sebagai "Sente roku-go fu"
Apabila pada gambar kiri misal, tidak ada pawn sente di 6-6, namun ada satu pawn di drop zone. Sedangkan gambar kanan tetap seperti itu, artinya pawn drop di 6-5, maka notasinya tetap "Sente roku-go fu"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar