Jumat, 23 Juli 2010

Gambaran Umum Strategi Babak Akhir

Pada babak akhir, biasanya salah satu atau kedua King dalam keadaan terancam. Pergerakan King sudah terbatas atau malah tidak bisa bergerak sama sekali. Sementara bidak-bidak lawan memberikan ancaman ke petak-petak sekitar King. Pada babak ini, Oute (check / skak), Tsumero (threat mate / ancaman mat), Hishi (sure mate / pasti mati), dan Tsumi (checkmate / skakmat) adalah istilah-istilah yang banyak dipergunakan di sini.

Tsumero / threat mate / ancaman mat adalah sebuah langkah yang tidak menyebabkan Oute, namun seandainya tidak direspon sama sekali atau tidak direspon dengan benar oleh lawan maka akan menyebabkan Tsumi / checkmate / skakmat. Untuk mengetahui apakah sebuah langkah termasuk Tsumero, maka akan dipakai asumsi bahwa pemain tersebut kembali bermain atau dengan kata lain setelah Tsumero asumsinya lawan pass. Apabila bisa checkmate langsung atau check bertubi-tubi sampai akhirnya checkmate maka itu dinamakan Tsumero.
Untuk menanggulangi hal ini memang diperlukan respon yang benar.

Apabila tidak ada respon yang dapat menghindarkan Tsumero menjadi Tsumi, maka Tsumero tersebut termasuk ke dalam jenis Hishi. Sehingga sama seperti Tsumero, Hishi juga dalam kondisi tidak ada Oute atau Check atau Skak.

Sedangkan Tsumi atau checkmate atau skakmat dapat diartikan lebih luas lagi. Tidak hanya King terkena skak dan sudah tidak lagi bisa merespon skak tersebut, namun ketika lawan hanya melakukan skak yang masih bisa direspon tapi semua responnya akan tetap berakhir dengan skakmat pun tetap dikatakan skakmat.

Di dalam posisi endgame anda akan lebih difokuskan langkah-langkah apa saja yang bisa dimainkan penyerang untuk menyerang langsung (check) King lawan dan langkah-langkah respon apa sajakah yang bisa dilakukan oleh pihak yang bertahan setelahnya.
Kita akan pelajari lebih dalam tentang Endgame pada post selanjutnya yang berjudul "Teori Pohon Endgame".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar