Tentang Sistem Rank Komunitas Kishi

Komunitas Kishi adalah sebuah komunitas shougi di Indonesia, yang sudah ada di 5 kota yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. Komunitas ini sangat-sangat serius ingin mempopulerkan Shougi di Indonesia, dan sekaligus ingin memperkenalkan ShougiIndonesia ke mancanegara. Salah satu bentuk keseriusannya adalah dengan menciptakan sistem Rank. Ini dia sistem rank tersebut :


Rank Shougi
Terendah hingga tertinggi :
- 9 Kyu
- 8 Kyu
- 7 Kyu
- 6 Kyu
- 5 Kyu
- 4 Kyu
- 3 Kyu
- 2 Kyu
- 1 Kyu
- 1 Dan
- 2 Dan
- 3 Dan
- 4 Dan
- 5 Dan
- 6 Dan
- 7 Dan
- 8 Dan
- 9 Dan
- Dai-Sensei (Daisen)

Terendah 9 Kyu, tertinggi Daisen. Rank di Shougi dibagi menjadi Kyu dan Dan. Untuk naik rank maka pemain Dan harus mengalahkan pemain Dan lainnya. Sedangkan untuk rank Kyu bisa naik ranknya dengan mengalahkan pemain Kyu lainnya, atau bisa naik langsung menjadi Dan apabila mengalahkan pemain Dan tanpa handicap.

Mode Cari Rank
Apabila seseorang pemain baru belum mempunyai rank, maka dia harus bermain dengan pemain yang sudah memiliki rank untuk mencari rank. Pertandingan bisa menggunakan handicap atau tanpa handicap. Di dalam pencarian rank, pertandingan pertama sangat menentukan. Apabila misal si pencari rank menang di pertandingan pertama dia harus bermain lagi sampai kalah. Kalo sudah kalah baru bisa ditentukan ranknya. Apabila di pertandingan pertama si pencari rank kalah, maka dia akan main terus sampai kalah.
Di dalam sistem pencarian rank, pemain yang mencari rank disebut pencari rank. Sedangkan pemain yang sudah mempunyai rank yang menjadi lawannya disebut pemain acuan.

Perlu diingat bahwa pemain yang menjadi lawan pencari rank adalah pemain yang sudah ada rank. Dia hanya boleh memberikan maksimal handicap dan menerima handicap sesuai ranknya.
- Dan memberi maksimal 9. Tidak boleh menerima handicap
- 1 Kyu, memberi maksimal 8, menerima hanya boleh 1 handicap
- 2 Kyu, memberi maksimal 7, menerima maksimal 2
- 3 Kyu, memberi maksimal 6, menerima maksimal 3
- 4 Kyu, memberi maksimal 5, menerima maksimal 4
- 5 Kyu, memberi maksimal 4, menerima maksimal 5
- 6 Kyu, memberi maksimal 3, menerima maksimal 6
- 7 Kyu, memberi maksimal 2, menerima maksimal 7
- 8 Kyu, memberi maksimal 1, menerima maksimal 8
- 9 Kyu, tidak boleh memberi handicap, menerima maksimal 9.

Handicap
Handicap adalah penyesuaian di dalam pertandingan shougi karena ada perbedaan kemampuan di antara pemain yang bertanding. Pemain yang lebih kuat (atau dicurigai lebih kuat, apabila belum punya rank) akan memberi handicap. Sedangkan pemain yang lebih lemah (atau dicurigai lebih lemah, karena belum punya rank) akan menerima handicap. Berikut ini daftar handicap.
HANDICAP 1 : Pemberi handicap akan bermain tanpa Lance (Kyosha) kiri
HANDICAP 2 : Pemberi handicap akan bermain tanpa Bishop (Kaku)
HANDICAP 3 : Pemberi handicap akan bermain tanpa Rook (Hisha)
HANDICAP 4 : Pemberi handicap akan bermain tanpa Lance kiri dan Rook
HANDICAP 5 : Pemberi handicap akan bermain tanpa Bishop dan Rook
HANDICAP 6 : Pemberi handicap akan bermain tanpa kedua Lance, Bishop, dan Rook
HANDICAP 7 : Pemberi handicap akan bermain tanpa kedua Lance, kedua Knight (Keima), Bishop, dan Rook
HANDICAP 8 : Pemberi handicap akan bermain hanya dengan King (Ousho) dan Pawn (Fu)
HANDICAP 9 : Pemberi handicap akan bermain hanya dengan King

-Untuk mode cari rank, seseorang dapat bermain melawan pemain yang berbeda. Jadi tidak harus melawan pemain yang sama untuk dapat menentukan ranknya. Misal pertama dia main lawan 1 Dan dalam handicap 0 alias seimbang, lalu dia kalah. Maka dia jelas tidak 1 Dan, dan ranknya dicurigai 1 Kyu. Maka si pencari rank yang rank nya dicurigai 1 Kyu dapat bermain melawan pemain lain, misal dapat bermain melawan pemain yang levelya 9 Kyu dan harus dengan handicap yang sesuai perbedaan rank. Yakni si pencari Rank memberi handicap 8 ke pemain acuan yang 9 Kyu. Apabila menang, maka si pencari rank mendapatkan Ranknya 1 Kyu. Apabila kalah maka Ranknya dicurigai 2 Kyu. Dia dapat bermain melawan siapa saja yang sudah memiliki rank dengan handicap yang sesuai antara Rank si pemain acuan dengan Rank "kecurigaan" milik pemain yang mencari Rank.

Ide ini diperoleh beradasarkan kondisi yang nyata di lapangan. Sebuah game mencari rank waktunya tidak dibatasi. Biasanya memakan waktu lama pada saat kumpul-kumpul. Seseorang biasanya hanya bisa 1 kali bermain mencari rank ini dalam tiap kali kumpul-kumpulnya. Apabila pada kumpul-kumpulnya yang berikutnya, si pemain acuan yang menjadi lawan dari si pencari rank tidak datang, masa game pencarian rank ditunda sampai kedua belah pihak dapat bermain? Ini jelas tidak efisien. Maka pemain yang sudah mempunyai Rank dapat menggantikan si pemain acuan yang berhalangan datang itu dengan pertandingan dengan handicap yang sesuai.

Sebuah pertandingan pencarian rank berhenti, selain karena si pencari rank sudah mendapatkan ranknya, dapat disebabkan oleh 2 hal lain :
- Yakni sudah mencapai rank 1 Dan
- Yakni sudah mencapai rank terendah yakni 9 Kyu.

Kenaikan Rank
DAN LEVEL :
- Untuk pemain Dan, kenaikan rank hanya bisa dilakukan dengan mengalahkan pemain Dan lainnya. Setelah seseorang mencapai Level Dan, dia akan merangkak dari 1 Dan dan mendapat rating 1200. Apabila dia berhasil menang dari sesama pemain Dan dia akan mendapat tambahan 24 rating, apabila kalah dari sesama pemain Dan akan turun 10 rating.
- Apabila seorang pemain Dan kalah atau menang dari pemain Kyu, dengan handicap yang sesuai maka dia mendapat kenaikan 10 poin (apabila menang) atau penurunan poin ratingnya sebanyak 4 poin rating (apabila kalah). Apabila melawan pemain Kyu, dengan handicap yang tidak sesuai, maka kemenangan akan diberi tambahan 2 poin dan kekalahan akan mengurangi 2 poin.
- Tiap rank di level Dan mempunyai poin minimal, sehingga apabila ratingnya sudah mencapai rating minimal untuk ranknya maka dia tidak bisa turun rating lagi. Untuk :
• Dan 1 minimal 1200 poin
• Dan 2 minimal 1272 poin
• Dan 3 minimal 1344 poin
• Dan 4 minimal 1416 poin
• Dan 5 minimal 1536 poin
• Dan 6 minimal 1656 poin
• Dan 7 minimal 1776 poin
• Dan 8 minimal 1944 poin
• Dan 9 minimal 2112 poin
• Dai-Sensei minimal 2352 poin
- Rank dan Ratingnya :
• Dan 1 : 1200 sampai 1271
• Dan 2 : 1272 sampai 1343
• Dan 3 : 1344 sampai 1415
• Dan 4 : 1416 sampai 1535
• Dan 5 : 1536 sampai 1655
• Dan 6 : 1656 sampai 1775
• Dan 7 : 1776 sampai 1943
• Dan 8 : 1944 sampai 2111
• Dan 9 : 2112 sampai 2351
• Dai-Sensei (Daisen) : 2352 atau lebih
- Pemain Dan tidak boleh memberi atau menerima handicap dari pemain Dan lainnya. Artinya pertandingan antar Dan tidak boleh dilakukan dengan handicap. Pertandingan dengan handicap apabila masih dilakukan maka pertandingan tersebut akan memberikan hasil yang sama seperti apabila tanpa handicap.

KYU LEVEL :
- Kenaikan Rank dari Kyu Level juga dipengaruhi oleh rating. Untuk setiap ranknya, untuk bisa naik ke rank berikutnya, maka pemain Kyu harus mencapai 72 poin di ratingnya. Menang akan mendapat poin rating tambahan, kalah akan dikurangi poin ratingnya. Apabila poin ratingnya sudah mencapai 0, maka dia tidak akan dikurangi lagi ratingnya dan tidak akan turun rank. Artinya seperti Dan level, di Kyu Level ranknya juga tidak bisa turun. Dan poin rating terendah adalah 0 untuk tiap Ranknya. Setelah seseorang mencapai Rank baru, dia akan memulai di Rank baru tersebut dengan poin 0.
- Pemain Kyu yang bertanding baik melawan pemain Kyu lainnya aatu melawan Pemain Dan, seyogyanya dilakukan dengan handicap yang sesuai dengan perbedaan Ranknya. Misal pemain 9 Kyu menerima 3 handicap melawan pemain 6 Kyu. Pemain 7 Kyu menerima 7 handicap melawan pemain Dan. Pemain 4 Kyu memberi 2 handicap kepada pemain 6 Kyu, dst....
- Poin yang diperoleh pada saat menang atau poin rating yang berkurang karena kalah akan beragam tergantung kesesuaian handicap dengan perbedaan ranknya.
• Untuk pertandingan yang sesuai handicap :
Pemain Kyu yang menang sebagai penerima ataupun pemberi handicap akan mendapat tambahan rating sebanyak 24 rating.
Apabila kalah baik sebagai pemberi maupun penerima akan dikurangi 10 rating.
• Untuk pertandingan yang tidak sesuai antara handicap dan perbedaan rank , di mana handicap yang dimainkan lebih rendah dari yang seharusnya (yakni misalnya pertandingan antara pemain 4 Kyu melawan 6 Kyu dilakukan hanya dengan 1 Handicap) maka :
Pemain Kyu sebagai pemberi handicap apabila menang akan mendapat poin rating sebanyak : 24 dibagi selisih antara handicap yang seharusnya dengan handicap yang nyatanya terjadi plus 1
Pemain Kyu sebagai penerima handicap apabila menang akan mendapat poin rating sebanyak : 24 dikali 2,7 dikali selisih antara handicap yang seharusnya dengan handicap yang nyatanya terjadi plus 1
Pemain Kyu sebagai pemberi handicap apabila kalah akan mendapat pengurangan poin sebanyak : 10 ditambah selisih antara handicap yang seharusnya dengan handicap yang nyatanya terjadi
Pemain Kyu sebagai penerima handicap apabila kalah akan mendapat pengurangan poin sebanyak : 10 ditambah 2 dikurangi selisih antara handicap yang seharusnya dengan handicap yang nyatanya terjadi
• Untuk pertandingan yang tidak sesuai handicap di mana handicap yang diberikan lebih tinggi dari yang seharusnya (misal pertandingan antara 4 kyu melawan 6 kyu dimainkan dengan handicap 3), maka :
Pemain Kyu sebagai pemberi handicap apabila menang akan mendapat poin rating sebanyak : 24 dikali 2,7 dikali selisih antara handicap yang nyatanya terjadi dengan handicap yang seharusnya terjadi plus 1
Pemain Kyu sebagai penerima handicap apabila menang akan mendapat poin rating sebanyak : 24 dibagi selisih antara handicap yang nyatanya terjadi dengan handicap yang seharusnya terjadi plus 1
Pemain Kyu sebagai pemberi handicap apabila kalah akan mendapat pengurangan poin sebanyak : 10 ditambah 2 dikurangi selisih antara handicap yang nyatanya terjadi dengan handicap yang seharusnya terjadi
Pemain Kyu sebagai penerima handicap apabila kalah akan mendapat pengurangan poin sebanyak : 10 ditambah selisih antara handicap yang nyatanya terjadi dengan handicap yang seharusnya terjadi
• Pemain yang ranknya lebih rendah tidak diperkenankan memberi handicap kepada pemain yang ranknya lebih tinggi. Apabila hal itu terjadi maka pertandingannya tidak akan dianggap.

Melawan Pemain No-Rank dan Pemain dari Luar Negeri
Turnamen Shougi di Indonesia akan dibagi menjadi dua kategori, yakni Kishi Tournament dan Open Shougi Tournament. Untuk Kishi Tournament adalah turnamen yang diperuntukkan bagi para Kishi Indonesia (pemain Shougi di Indonesia yang sudah terdaftar di Komunitas Kishi / organisasi Shougi bentukan dari Komunitas Kishi, yang sudah mempunyai Rank). Kishi Tournament sendiri nanti akan ada turnamen2 khusus di mana yang hanya memiliki rank minimal tertentu saja yang boleh ikut berpartisipasi di turnamen tersebut.
Sedangkan ada juga yang disebut Open Shougi Tournament. Di mana turnamen ini adalah turnamen terbuka, di mana pesertanya tidak hanya para Kishi Indonesia melainkan orang umum (yang tentunya belum punya rank), bahkan mungkin juga pemain Shougi dari negara lain boleh ikut. Tentunya akan ada saat di mana para Kishi akan menghadapi para pemain dari kalangan umum maupun pemain yang berasal dari luar negeri. Untuk pemain yang berasal dari luar negeri, melawan mereka dianggap seperti melawan pemain dari kalangan umum karena meskipun mereka sudah mempunyai Rank, namun Rank yang mereka aplikasikan adalah berbeda dengan system Rank Kishi Indonesia. Kecuali apabila sistem Rank kita sudah kita sosialisasikan di negara-negara lain dan dipakai bahkan sebagai Rank baku untuk sistem kompetisi Shougi amatir. Untuk itu ketika Kishi Indonesia (baik level Kyu maupun Level Dan) melawan pemain dari kalangan umum yang no-rank dan juga pemain Shougi dari luar negeri, berlaku :
- kemenangan akan mendapat tambahan poin 5
- kekalahan akan berakibat pengurangan poin 2

Catatan
- Di dalam pertandingan pencarian Rank pemain acuan ratingnya tidak akan berubah, sehingga otomatis ranknya tidak akan terpengaruh hasil
- Semua angka-angka yang memakai koma-koma akan dibulatkan ke bawah, contoh 24, 5 jadi 24. 24,8 juga jadi 24. 29,1 jadi 29. Dan seterusnya....
- Seseorang pemain Kyu mungkin saja naik rank langsung sampai 2 rank atau lebih. Misal seorang pemain rank 6 kyu mendapat poin rating tambahan sebesar 242 di mana poin dia saat ini sudah ada sebanyak 24, maka poinnya menjadi 242 + 24 = 266. Dan dia mendapat kenaikan rank yakni 266 : 72 = 3,694 dibulatkan ke bawah jadi 3. Artinya dia naik rank menjadi 3 kyu 0 rating.
- Pertandingan mencari rating bisa saja dilakukan via online, yakni apabila si pencari rating berada di kota atau daerah yang belum ada Komunitas Kishi nya, sehingga sulit untuk mencari pemain yang mempunyai rating. Dan untuk alasan yang sama, pertandingan untuk menaikkan rating juga dapat dilakukan secara online. Dan hasilnya harus dilaporkan ke pengurus rating Komunitas Kishi Semarang, atau Komunitas Kishi yang menjadi “rumah” dari pemain acuan yang ia lawan ketika mencari rank.
- Seorang pemain Kyu ataupun seorang pemain yang belum mempunyai rank ketika dia mencapai Dan level maka dia harus memulai dari Dan 1 Rating 1200.
- Semua pertandingan yang mempengaruhi rating hanya akan dihitung apabila pertandingan tersebut dicatat atau direcord, sehingga ada kifunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar