2. Perhatikan Efek dari Sebuah Langkah
Sebuah langkah bisa mengandung berbagai macam efek. Beberapa efeknya antara lain :
1. ada petak yang tadinya tidak terjaga jadi terjaga
2. ada petak yang tadinya terjaga, jadi tidak terjaga
3. menghambat atau membuka gerakan bidak lain
Ketiga efek di atas berhubungan dengan penjagaan petak. Kita akan coba dengan sebuah contoh kasus dengan menggunakan diagram.
9 | 8 | 7 | 6 | 5 | 4 | 3 | 2 | 1 | |
| | | | K | | | | | a |
| | | | | | | | | b |
| | | | | N | | | | c |
| | | | | P | P | P | | d |
| | | | | | | | | e |
| | | | | | S | | | f |
| | | | | P | P | | | g |
| | | | | | | P | | h |
| K | | | | | | | | i |
DROP : | |||||||||
DROP : |
Jika Sente jalan. Sente melakukan langkah "ni nana Fu" atau Pawn 2h ke 2g. Maka efeknya adalah :
1. menambah penjagaan ke petak 2f
2. mengurangi penjagaan di petak 2g
3. membuat Silver Sente tidak bisa mundur ke 2g
Dan jika setelah langkah itu, Gote melakukan langkah "san go Fu" atau Pawn 3d ke 3e, maka Silver Sente pun tidak bisa diselamatkan lagi.
Jadi, sekalipun langkah yang anda lakukan misal membuat anda mendapatkan bidak lawan (capture) atau langkah anda mengakibatkan sebuah bidak promosi, tetap anda perlu mempertimbangkan tiga poin di atas dalam melangkah.
Baca juga :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar